Gelombang 1,5-3 meter di lokasi pencairan AirAsia

id bmkg jakarta air

Gelombang 1,5-3 meter di lokasi pencairan  AirAsia

BMKG (Foto Antara/Wahyu Putro)

Jakarta (Antara Jogja) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tinggi gelombang laut di lokasi pencarian badan pesawat AirAsia QZ 8501 di Selat Karimata mencapai 1,5-3 meter.

"Gelombang laut 1,5-3 meter, cuaca di lokasi juga berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," kata Kabid Informasi Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab di Jakarta, Senin.

Menurut Fachri, potensi hujan tersebut akan berlangsung pada siang hingga sore hari, sehingga cuaca cukup kondusif bagi Tim SAR untuk melakukam pencarian di pagi hari.

Hingga hari ke sembilan pencarian jatuhnya pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura tersebut masih berlangsung.

Tim SAR gabungan saat ini fokus mencari body pesawat dan korban tepatnya di Teluk Kumai Pangkalan Bun Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebelumnya pencarian terkendala cuaca yang buruk dan gelombang tinggi sehingga tim harus berhati-hati bahkan harus menghentikan sementara evakuasi sambil menunggu cuaca membaik.

Pencarian juga diperkuat pesawat dan kapal dari negara sahabat serta penyelam.

Badan SAR Nasional (Basarnas) menyatakan tim telah berhasil menemukan 34 jenazah korban dan sudah dievakuasi ke Pangkalan Bun serta Surabaya untuk identifikasi.
(D016)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024