Petugas evakuasi korban tewas tertimpa pohon roboh

id tewas korban pohon roboh

Petugas evakuasi korban tewas tertimpa pohon roboh

Ilustrasi mobil jenazah (Foto foto-hermle.de)

Bantul (Antara Jogja) - Petugas dari Komando Rayon Militer Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama warga setempat mengevakuasi korban tewas akibat tertimpa pohon yang roboh saat melintas di ruas jalan Wijirejo Pandak, Kamis.

"Saya mendengar suara keras, dan keluar ternyata ada pohon tumbang mengenai korban, kejadiannya pagi sekitar pukul 09.50 WIB," kata salah seorang petugas piket Koramil Pandak, Ignasius Bambang di Bantul, Kamis.

Ia mengatakan, korban tewas tertimpa pohon bernama Reni (49) warga Triharjo Pandak, saat itu korban yang berprofesi sebagai penjual sayur hendak pulang dari tempat berjualan dengan mengendarai sepeda motor melintas di jalan Wijirejo.

Menurut dia, korban tidak sadarkan diri di lokasi kejadian, karena luka parah yang diderita pada bagian kepala korban akibat tertimpa pohon sengon dengan diameter sekitar 35 cm dan tinggi 10 meter.

Melihat korban sudah tidak berdaya, lanjut dia, warga langsung melakukan pertolongan, namun korban yang diketahui janda dua anak itu sudah tidak bernyawa."Saya langsung menutup jalan, agar evakuasinya cepat," katanya.

Untuk selanjutnya, korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati, Bantul, menggunakan ambulans milik Palang Merah Indonesia (PMI) untuk divisum.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa Wijirejo, Maryoto Widodo, mengatakan pihak desa sudah memberitahukan kepada dinas terkait ancaman bahaya pohon tumbang ini, apalagi di sekitar lokasi kejadian sebagian pohon sudah tua bahkan sudah mati.

"Sudah sering kami laporkan beberapa waktu lalu, tetapi belam direspon, nah kejadian seperti ini siapa yang rugi, kan masyarakat juga," katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap dinas terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat segera melakukan pemangkasan atau menebang ranting maupun pohon yang sudah tua untuk antisipasi tumbang.
(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024