Panasonic terangi Candi Prambanan dengan LED

id lampu led panasonic

Panasonic terangi Candi Prambanan dengan LED

Candi Prambanan (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Panasonic Corporation menyumbangkan 16 proyektor lampu jenis "light emitting diode" untuk penerangan di Kompleks Candi Prambanan sebagai langkah perusahaan itu mendukung konservasi bangunan warisan dunia.

"Lampu LED yang kami berikan adalah untuk mencerahkan dan memberikan kontribusi untuk promosi situs warsan dunia," kata Senior General Manager PT Panasonic Eco Solutions Widyastama Nugraha di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Widyastama, proyektor lampu "light emitting diode" (LED) ditempatkan di tiga titik utama di Kompleks Candi Prambanan yakni di Candi Siwa (tengah), Candi Brahma (selatan), Candi Wisnu (utara).

"LED yang digunakan merupakan LED "full color" yang akan memberikan citra warna-warni secara bergantian di komopleks Candi Prambanan," kata dia.

Ia mengatakan proyek itu sebelumnya telah didahului dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Panasonic Corporation dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PT. Taman Wisata Candi Boprobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), serta perwakilan Organisasi pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unesco). Isinya, mempromosikan konservasi dan peningkatan kesadaran untuk melindungi situs warisan dunia.

Ia mengatakan, dengan 16 LED tersebut, kata dia, akan menggantikan lampu jenis halogen (HID) yang sebelumnya digunakan untuk penerangan kompleks Prambanan. Penggantian LED itu akan mengurangi konsumsi energi 30 persen. "Satu titik lampu HID yang dipasang sebelumnya menggunakan daya 1.100 watt listrik, sementara dengan LED hanya 590 watt," kata dia.

Menurut Widyastama, penerangan terhadap warisan dunia itu rencananya juga akan menyasar seluruh bangunan museum di Indonesia. "Mulai awal 2015 akan dimulai dengan pemasangan penerangan LED untuk Museum Nasional dulu," kata dia.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024