Polda DIY bentuk tim elit Sabhara

id polda diy elit sabara

Polda DIY bentuk tim elit Sabhara

Kapolda DIY Brigjen Oerip Subagyo (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta membentuk tim elit Satuan Bhayangkara yang dibekali dengan sembilan kemampuan khusus.

"Peleton elit Sabhara ini beranggotakan 700 personel yang dibekali dengan sembilan kemampuan. Peleton elit Sabhara ini juga akan diterjunkan dalam pengamanan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015," kata Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Brigjen Polisi Oerip Soebagyo pada Apel Besar Sabhara, Rabu.

Menurut dia, sebanyak 700 personel elit Sabhara ini tersebar di seluruh satuan wilayah, yakni empat polres dan satu polresta di DIY.

"Tujuan pembentukan tim elit Sabhara ini sendiri merupakan cara Polda DIY untuk semakin memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, terutama masyarakat di DIY," katanya.

Ia mengatakan, Tim elit Sabhara ini memiliki sembilan kemampuan yang terdiri dari pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli.

"Sedangkan tindakan lain berupa pengendalian massa (dalmas), negosiator, tindak pidana ringan atau tipiring dan fungsi `Search and Rescue` (SAR)," katanya.

Oerip mengatakan, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai kawasan dengan banyak terdapat destinasi wisata, menjelang pergantian tahun akan dikunjungi banyak wisatawan dari luar daerah.

"Selain pengamanan malam Tahun Baru, tim elit ini juga disiagakan untuk pengamanan perayaan Natal di sejumlah gereja besar di DIY," katanya.

Ia mengatakan, Polda DIY terus mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan, meskipun sampai saat ini belum ditemukan adanya tanda-tanda kegiatan yang menjurus pada ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selain menggelar apel siaga, dalam kesempatan tersebut digelar pula simulasi yang dilakukan tim elit Sabhara Polda DIY berupa tindakan pencarian dan pertolongan (SAR), penanganan tindakan kriminalitas dan pengendalian massa.

(V001)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024