Perguruan tinggi Muhammadiyah diharapkan tingkatkan publikasi ilmiah

id perguruan tinggi muhammadiyah

Perguruan tinggi Muhammadiyah diharapkan tingkatkan publikasi ilmiah

Muhammadiyah (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Program pascasarjana perguruan tinggi Muhammadiyah diharapkan meningkatkan publikasi ilmiah dan jurnal, baik yang dihasilkan dosen maupun mahasiswa.

"Publikasi ilmiah dan jurnal itu merupakan bagian terpenting bagi sebuah institusi pendidikan, karena selain untuk meningkatkan reputasi perguruan tinggi juga berbagi ilmu pengetahuan kepada masyarakat," kata Ketua Majelis Dikti Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Chairil Anwar di Yogyakarta, Jumat.

Pada seminar "Peningkatan Publikasi Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal di Lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah", ia mengatakan pihaknya mendorong semua institusi pendidikan di Muhammadiyah, khususnya perguruan tinggi yang memiliki program pascasarjana untuk meningkatkan publikasi ilmiah.

"Untuk jurnal, kami juga berharap bisa ditingkatkan menjadi jurnal internasional dan terakreditasi nasional," katanya.

Menurut dia, puncak pendidikan pada sebuah perguruan tinggi berada pada program pascasarjana. Sebuah perguruan tinggi akan menjadi sangat diperhitungkan oleh masyarakat jika salah satu program pendidikannya memiliki program pendidikan pascasarjana.

"Namun, hal itu tetap harus ditata dan dikelola secara serius. Terlebih lagi bagi perguruan tinggi Muhammadiyah yang juga sudah banyak memiliki program pascasarjana," katanya.

Ia mengatakan Muhammadiyah memiliki 176 perguruan tinggi dan baru 20 perguruan tinggi yang memiliki program pascasarjana. Angka itu terbilang cukup banyak dan menggembirakan.

Namun, tetap saja 20 perguruan tinggi itu masih memerlukan penataan serius dalam pengelolaan program pascasarjananya, khususnya dalam meningkatkan publikasi ilmiah dan jurnal.

"Hal itu penting karena masih sedikit perguruan tinggi Muhammadiyah yang bisa mengelola dan meningkatkan publikasi ilmiah dan jurnalnya dengan baik," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024