Glzoo Yogyakarta gelar nikah bareng

id nikah bareng glzoo

Glzoo Yogyakarta gelar nikah bareng

para peserta 'Nikah Bareng @GLZoo' (Dok GLZoo)

Jogja (Antara Jogja) - Manajemen objek wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta bekerja sama dengan sejumlah instansi menggelar acara nikah bareng yang diikuti 30 calon pasangan pengantin di kebun binatang itu, Rabu.

Kegiatan nikah gratis bertajuk "Nikah Bareng @ GL Zoo" itu, dapat berlangsung atas kerja sama dengan Forum CSR dan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), serta Fortais Sewon Kabupaten Bantul, dalam rangkaian peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2014.

Direktur Utama Gembira Loka Zoo (GLZoo) Yogyakarta KMT A Tirtodiprodjo pada acara itu mengatakan acara nikah bareng tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan kebun binatang sebagai wahana hiburan masyarakat.

"Acara menikah bersama yang berlangsung di kebun binatang dinilai cukup unik, dan mungkin baru pertama kali di dunia. Diharapkan pasangan pengantin bisa terkesan," katanya.

Ia mengatakan kegiatan yang diikuti 20 pasang calon pengantin, dan 10 pasangan difabel yang sudah menikah serta menggelar syukuran itu, bertujuan antara lain melegalkan pasangan yang belum menikah secara resmi.

"Kegiatan ini unik, dan menariknya nikah bareng itu saat prosesi ijab qobul dilakukan di sejumlah wahana, yaitu di atas gajah dan unta tunggang, kapal `boat` serta kapal katamaran, di atas `gethek` air dan menara Mayang Tirta, serta tempat menarik lainnya di kompleks GLZoo. Prosesi ijab qobul dan resepsi pernikahan memakan waktu sekitar dua jam," katanya.

Menurut dia, nikah bareng ini melibatkan belasan penghulu dan pencatat nikah, mengingat setiap lokasi ijab ditunggui dua penghulu dan petugas pencatat nikah.

Petugas KUA Umbulharjo menggandeng petugas KUA se-Kota Yogyakarta dalam menikahkan mereka secara gratis ini.

"Usai resmi menikah, mereka dengan menumpang dua perahu katamaran mengarungi perairan Mayang Tirta di kompleks GLZoo. Di tengah danau buatan tersebut, mereka bersama-sama menandai kegembiraan dengan melepas balon dan burung emprit," katanya.

Pasangan pengantin itu setelah upacara resepsi berkesempatan rekreasi menikmati keindahan objek wisata GLZoo.

Kemudian pasangan yang sudah resmi menikah menikmati bulan madu di hotel berbintang secara gratis pula.

Sebelumnya, rombongan calon pengantin itu diarak menuju GLZoo dari Balai Kota Yogyakarta. Pelepasan mereka dilakukan wali kota Haryadi Suyuti, dan dimeriahkan dengan tarian sebagai "cucuk lampah" (pemandu).

Rombongan calon pengantin menuju GLZoo dengan naik transport keliling (taring) yang biasa dioperasionalkan bagi pengunjung GLZoo, didahului dengan sepasang gajah tunggang koleksi kebun binatang setempat.
(H008)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024