Subhan Aksa juara Kejurnas Rally di Sumut

id subhan aksa juara

Subhan Aksa juara Kejurnas Rally di Sumut

Subhan Aksa (Foto Istimewa)

Medan (Antara Jogja) - Pereli asal Sulawesi Selatan, Subhan Aksa bersama navigator Hade Mboi, sukses tampil sebagai juara Kejurnas Rally 2014 di Perkebunan Lonsum, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Minggu.

Subhan Aksa yang memacu Mitsubishi Lancer Evo X memperlebar catatan waktu yang sudah dibuatnya di hari pertama, dan mengakhiri reli dua hari yang memperlombakan 9 SS (Special Stages/Trayek Khusus) berjarak tempuh 200 km dengan waktu 3 jam 3 menit 40,4 detik.  
    
Seperti di hari pertama, Sabtu,  trek pada lomba hari kedua di kawasan perkebunan Lonsum, Rambong juga tetap berlumpur, yang membuat para peserta kesulitan memacu mobilnya.

Subhan finis di depan rekan satu timnya di FBRT, Akbar Hadianto yang berada di urutan kedua dengan catatan waktu terpaut 11 menit 28,2 detik lebih lambat. Akbar memenangkan SS 8, satu-satunya yang lepas dari Subhan.  
    
Sementara pereli Sumut pasangan Benny Lautan/Edwin Nasution sukses merebut posisi podium setelah menyelesaikan balapan di urutan ke tiga dengan catatan waktu 3:15:36,9 atau terpaut 11 menit 56,5 detik dari raihan waktu Subhan.

Akbar Hadianto yang di hari pertama masih berada di peringkat keempat, berhasil naik dua posisi untuk mengakiri lomba sebagai runner-up.

Dia berhasil menggeser posisi Benny Lautan, serta pereli DKI MBM Boyke yang pada posisi akhir harus tergusur ke urutan ke enam.

Pereli Sumut lain, Dian AP Harahap/A. Syauki finis di urutan ke empat, diikuti Erwin Mancha/Maman Aruman di peringkat ke lima.

Sementara andalan Sumut di grup GR2, pasangan Eddy WS dan Syariful Adil yang membela tim TSA Indocafe Delium finis di urutan ke delapan overall, untuk merebut gelar juara di kelompok ini.

Keduanya, yang membesut Suzuki SX4 ini, mengungguli pereli Malaysia Kenneth Koh/Karamjit Singh yang finis di posisi ke-10.

Peringkat ketiga GR2 diraih pereli asal Kaltim Ronald Nirwan/Alex Ayal yang menyelesaikan lomba di posisi ke-11 di depan pereli muda Sumut pasangan Arji dan Uche.

Arji merebut posisi runner-up kelas GR 2.2 di belakang Kenneth Koh, serta di depan pereli asal DKI Mago Sarwono.

Gelar juara grup N15 juga menjadi milik pereli Sumut, setelah pasangan M. Agha Novrian/Amril AS finis di depan Weykman/M. Ravy.

Tercatat 22 dari 25 peserta menyelesaikan balapan, yang juga menjadi seri kejuaraan internasional Tri Nations Rally 2014 Putaran II ini.

Usai menyelesaikan lomba, para pereli menjalani ceremonial finish di Lapangan Benteng Medan, Minggu malam mulai pukul 19.30 dilanjutkan dengan penyerahan trofi Kejurnas Rally serta Kejurnas Sprint Rally yang sudah digelar Jumat.

(KR-JRD)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024