Gaya hidup aktif dinilai penting jaga tulang

id joging

Gaya hidup aktif dinilai penting jaga tulang

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Gaya hidup aktif dinilai penting untuk menjaga kesehatan tulang, mulai dari pembentukan tulang pada usia anak-anak, menjaga kepadatan tulang saat dewasa hingga menghindari terjadinya patah tulang saat usia tua.

"Oleh karena itu, aktivitas fisik seharusnya menjadi bagian dari gaya hidup sehat setiap orang, kata Head of Medical Sales Fonterra Brands Indonesia (FBI) Muliaman Mansyur di Yogyakarta, Minggu.

Pada peringatan Hari Osteoporosis Nasional bertema "Waktunya Bergerak Sekarang", ia mengatakan aktivitas fisik bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

Menurut dia, data mengenai osteoporosis menyatakan bahwa dua dari lima orang Indonesia berisiko terkena osteoporosis.

"Kepadatan tulang semakin menurun seiring bertambahnya waktu. Namun, pada wanita, terbukti bahwa mereka yang bergerak aktif memiliki kepadatan tulang yang lebih baik daripada mereka yang kurang aktif," katanya.

Marketing Manager FBI Arief Tjakraamidjaja mengatakan pihaknya secara konsisten mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya pencegahan osteoporosis sejak dini.

"Sejalan dengan upaya edukasi osteoporosis, pada 2013 kami memulai inisiatif `Menuju Yogyakarta Bebas Osteoporosis` yang merupakan komitmen dari Pemerintah DIY. Inisiatif serupa juga dilakukan di Jakarta dan Surabaya," katanya.

Menurut dia, FBI telah mengimplementasikan komitmen tersebut dalam beberapa program, salah satunya adalah kerja sama dengan PKK di Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya.

FBI telah menjangkau dan mengedukasi 10 ribu kader dan komunitas PKK di tiga kota tersebut dalam pencegahan osteoporosis.

"Kami akan teruskan program itu pada tahun depan (2015). Kami juga secara terus-menerus melakukan pemeriksaan dini kepadatan tulang kepada lebih dari satu juta orang Indonesia setiap tahun," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024