Wisman ke Bali sudah 3,1 juta orang

id wisman ke bali8

Wisman ke Bali sudah 3,1 juta orang

wisatawan mancanegara kunjungi objek wisata di Bali (antaranews.com)

Denpasar (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Provinsi Bali mencatat jumlah wisatawan mancanegara  yang terbang dari negaranya ke Pulau Dewata selama sepuluh bulan, Januari-Oktober 2014 sebanyak 3.122.893 orang, naik 16,86 persen dari periode sama 2013 tercatat 2.672.309 orang.

"Ini artinya kedatangan wisatawan  mancanegara (wisman) ke Bali tahun 2014 bisa melebihi angka 3,5 juta orang karena masyarakat internasional yang datang berlibur ke daerah ini bisa melebihi 200.000 orang setiap bulannya," kata pengamat pariwisata, Tjok Gede Agung di Denpasar Minggu.

Oleh sebab itu, keinginan untuk menetapkan sasaran wisman ke Bali tahun 2015 sebanyak empat juta, dinilai sangat realistis, mengingat perkembangan dunia perpelancongan semakin menggembirakan, apalagi adanya gebrakan bebas visa bagi negara-negara potensial turis asing ke Bali seperti Australia, Tiongkok, Rusia, Korea Selatan dan Jepang.

Pulau Bali masih menjadi pilihan utama wisatawan mancanegara untuk berlibur di Indonesia, dan hal itu tercermin dari jumlah kunjungan turis asing melalui Bandara Ngurah Rai maupun perjalanan lewat laut yang cukup menggembirakan, kata Tjok Gede Agung yang juga sebagai praktisi dunia pariwisata di daerah ini.

Ia mengungkapkan, Badung, kabupaten yang menikmati pendapatan asli daerahnya dari sektor pariwisata terbesar di Bali, membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) tentu akan lebih gencar melakukan kiat-kiat supaya bisa lebih banyak mendatangkan turis asing ke daerah ini.

"Saya menilai rasional keinginan menarik sebanyak empat juta turis asing berlibur ke Bali tahun 2015, karena selama sepuluh bulan pertama 2014 wisatawan yang datang langsung dari negaranya ke Bali sudah tercatat 3,1 juta orang," kata Tjok Agung.

Apalagi dalam bulan-bulan menjelang akhir tahun masyarakat mancanegara yang melakukan perjalanan wisata akan lebih banyak lagi, sehingga dalam kurun waktu dua bulan lagi jumlah turis asing ke Bali sudah melebihi angka 3,5 juta orang.

Jumlah turis asing ke Bali saat ini rata-rata 310.000 orang per bulan, dan jika angka ini berlangsung hingga Desember nanti maka jumlah kedatangan turis asing ke pulau ini bisa mencapai 3,7 orang, tambah Tjok Agung.

Jadi hanya melakukan kegiatan promosi yang ada saja, pada kurun waktu 2015 turis asing yang datang ke Bali sudah bisa melebihi empat juta dari target yang ditetapkan, kata dia sambil mengutak-atik data kunjungan turis asing yang dikeluarkan Dinas Pariwisata Bali. (I006)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024