Sleman kembali raih "Best Performance" TCTA

id sleman kembali raih

Sleman kembali raih "Best Performance" TCTA

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali meraih penghargaan sebagai "Best Performance" kategori kabupaten dalam ajang "Travel Club Tourism Award 2014".

"Ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya bagi Kabupaten Sleman sebagai `Best Performance` dalam ajang `Travel Club Tourism Award` (TCTA), setelah penghargaan serupa pada 2011 dan 2013," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Jumat.

Menurut dia, penyerahan penghargaan sebagai "Best Performance" dilakukan Dirjen Pengembangan Destinasi Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman pada Kamis (20/11) malam di Sasana Kriya TMII Jakarta.

"Penghargaan `Travel Club Tourism Award (TCTA) 2014` merupakan penghargaan yang diprakarsai Majalah Travel Club bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan pada 2014 merupakan pelaksanaan yang keempat kalinya. "Tujuan pemberian Penghargaan TCTA untuk memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah (provinsi, kota dan kabupaten) yang memiliki komitmen tinggi dalam membina kepariwisataan daerah masing-masing.

"Aspek penilaian TCTA 2014 meliputi Tata Pamong, Lingkungan Pariwisata, Industri Kreatif, Pemberdayaan Masyarakat, dan�Ekonomi Daerah," katanya.

Sedangkan kategori penghargaan yang diberikan secara berurutan meliputi "best performance", "most improvement", "most creativity", dan "best achievement", "the most promising", dan "the most favorite".

Ayu mengatakan perolehan penghargaan sebagai "Best Performance" hingga tiga kali tersebut membuktikan bahwa pengelolaan sektor pariwisata di Kabupaten Sleman selama ini menunjukkan konsistensi yang tinggi. "Ini merupakan suatu kebanggaan, dan perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan pada masa mendatang," katanya.

Ia mengatakan keberhasilan Sleman dalam mengelola dan mengembangkan sektor pariwisata tidak terlepas dari dukungan, konsolidasi dan partisipasi aktif para pelaku serta pemangku kepentingan pariwisata daerah seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Sleman Travel Agent Forum (STAF), Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI), PT Taman Wisata, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), PT Anindya, dan para pengelola destinasi wisata.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024