IHSG dibuka menguat sebesar 11,68 poin

id ihsg poin amenguat

IHSG dibuka menguat sebesar  11,68 poin

ilustrasi ihsg (antarafoto.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu dibuka bergerak menguat sebesar 11,68 poin atau 0,23 persen menjadi 5.114,15 Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 2,93 poin (0,34 persen) ke level 879,52.

"IHSG BEI bergerak menguat di tengah pasar saham Asia yang bergerak cenderung mendatar. Pelaku pasar, terutama investor masih merespon positif kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi pada hari ini," kata Kepala Riset Woori Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan setelah kenaikan BBM itu, pemerintah dapat menjaga pasokan barang dan bahan makanan agar tidak terjadi lonjakan yang signifikan. Di sisi lain, alokasi dana ke beberapa sektor diantaranya infrastruktur, kesehatan, konstruksi, dan sektor-sektor produktif lainnya segera terealisasi.

Kendati demikian, menurut dia, secara teknikal kenaikan indeks BEI juga menyimpan potensi untuk berbalik arah ke area negatif menyusul sebagian investor yang mulai mengambl posisi ambl untung.

Head of Research Valbury Asia Securities Alfiansyah menambahkan bahwa kenaikan BBM subsidi yang diikuti dengan meningkatnya suku bunga acuan bank Indonesia (BI rate) dinilai positif oleh kalangan pelaku pasar.

"Langkah yang dilakukan BI suatu sikap yang responsif dan positif," katanya.

Secara umum, lanjut dia, kenaikan BBM bersubsidi dan kebijakan BI menaikan suku bunga, sebagai kebijakan yang tidak populis bagi pelaku pasar saham. Namun, kali ini pasar sudah mengantisipasinya, sehingga penyesuasian risiko atas kebijakan ini  berkurang.

Bursa regional, di antaranya indeks Bursa Hang Seng melemah 8,99 poin (0,04 persen) ke 23.520,18, indeks Nikkei naik 37,15 poin (0,21 persen) ke 17.381,21, dan Straits Times menguat 15,86 poin (0,49 persen) ke posisi 3.329,93.(KR-ZMF)

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024