Gempa 7,3 SR di Manado berpotensi tsunami

id gempa 7,3 sr di manado

Gempa 7,3 SR di Manado berpotensi tsunami

Seismograf atau pencatat gempa (Foto antaranews.com)

Manado (Antara Jogja) - Gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter baru saja mengguncang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada pukul 10:31:40 Wita berpotensi tsunami.

"Gempa yang berpusat di Halmahera Maluku Utara tersebut, berpotensi tsunami hingga ke Sulut," kata Asisten Seismology Stasiun Geofisika Winangun Manado, Isty, di Manado, Sabtu.

Isty mengatakan gempa tersebut berada di kedalaman 10 kilometer, dan  berpotensi menimbulkan tsunami baik di Bitung maupun Manado.

"Meskipun demikian, warga di Kota Manado dan sekitar pantai jangan panik, dan kami menghimbau agar warga menjauhi lokasi dekat pantai," kata Isty.

Pusat gempa berada di Halmahera Maluku Utara 132 km Barat Laut Halmahera. 152 km Tenggara Sitaro Sulawesi Utara, 156 km Barat Laut Ternate Maluku Utara, 180 km Barat Laut Sofifi Maluku Utara dan 2364 km Timur Laut Jakarta-Indonesia.

Sebagian besar wilayah Sulawesi Utara diguncang gempa bumi yang membuat warga panik dan berhamburan ke luar rumah. "Saya berada di dalam angkutan kota dan gempanya terasa sekali, banyak orang lari," ujar Yunita K, Warga Kota Manado.

Refly Sanger, warga Minahasa, juga terlihat panik karena gempa terasa sangat kuat. "Baru kali ini, merasakan gempa yang cukup kuat dan takut jika terjadi tsunami," katanya.

Kata Refly, semoga ini hanya gempa biasa dan tidak terjadi tsunami.

(KR-NCY)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024