Pameran potensi UMKM semarakkan Hari Koperasi DIY

id pameran potensi umkm

Pameran potensi UMKM semarakkan Hari Koperasi DIY

Koperasi

Sleman (Antara Jogja) - Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta akan dilangsungkan Selasa 4 November 2014 di Lapangan Pemda Kabupaten Sleman dengan upacara bendera dan disemarakkan dengan pameran potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Direncanakan inspektur upacara Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, yang sekaligus akan membuka pameran potensi UMKM seusai upacara," kata Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekoinwil) DIY Syahbenol Hasibuan di Sleman, Jumat.

Menurut dia, pameran potensi ini akan diikuti 50 pelaku UMKM dan koperasi dari seluruh DIY dengan berbagai produk barang dan jasa.

"Masing-masing kabupaten/kota nanti akan menyertakan delapan UMKM dan koperasi, sedangkan sisanya dari tuan rumah Sleman hingga total 50 UMKM dan koperasi," katanya.

Ia mengatakan, sejumlah produk yang akan ditampilkan UMKM tersebut meliputi berbagai jenis kerajinan tangan, batik dan produk makanan olahan.

"Diharapkan dengan gelar pameran potensi ini mampu mengangkat UMKM agar bisa lebih mengembangkan produk maupun pemasaran," katanya.

Syahbenol mengatakan, Hari Koperasi sebenarnya jatuh pada Juli, namun karena pada waktu tersebut merupakan bulan puasa dab ramai-ramainya Pemilu maka peringatan tingkat DIY diundur hingga November.

"Dipilih Nobvember juga karena pada bulan tersebut juga tanpa alasan, sebab PBB mengakui koperasi sebagai lembaga yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga PBB menetapkan November sebagai Hari Koperasi Dunia," katanya.

Sedangkan Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopminda) Kabupaten Sleman Joko Dwiyanto mengatakan saat ini koperasi di Kabupaten Sleman dapat berkembang dengan baik.

"Tercatat saat ini ada 240 ribu warga Sleman yang menjadi anggota koperasi. Sedangkan jumlah koperasi di Sleman 627 koperasi dengan aset Rp1, 58 triliun, 50 koperasi pasif dan menjadi target pembinaan," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024