Yogyakarta terima penghargaan LPPKS 2014

id pemkot

Yogyakarta terima penghargaan LPPKS 2014

Pemda Kota Yogyakarta (Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta kembali meraih penghargaan untuk kedua kali dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah karena dinilai memiliki komitmen tinggi untuk melaksanaan Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010.

"Tahun lalu, Pemerintah Kota Yogyakarta juga menerima penghargaan dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) karena memiliki komitmen menjalankan permendiknas tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah atau madrasah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, penghargaan tersebut diberikan karena Pemerintah Kota Yogyakarta dinilai memiliki komitmen mengisi jabatan kepala sekolah secara profesional.

Ia mengatakan, penghargaan tersebut bukan hanya ditujukan untuk Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta semata karena pengisian jabatan kepala sekolah tidak hanya menyangkut pemilihan personel tetapi juga melibatkan berbagai aspek lain seperti penganggaran.

Ia mengatakan, sejumlah satuan kerja perangkat daerah yang juga terlibat dalam pengisian kepala sekolah di antaranya adalah Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan (DPDPK) untuk urusan penempatan pegawai dan penganggaran.

"Oleh karena komitmen tersebut adalah komitmen yang terbangun antar instansi, maka kepala daerah yang kemudian memperoleh penghargaan tersebut, bukan diwakili oleh instansi tertentu," katanya.

Sedangkan untuk kepala sekolah, Edy mengatakan agar penghargaan tersebut semakin memacu seluruh kepala sekolah untuk menjalankan tugas dengan baik, salah satunya implementasi Kurikulum 2013.

Ia menyebut, Kurikulum 2013 telah mengatur standar minimal pencapaian tingkat nasional, namun dengan tidak meninggalkan kearifan lokal yang ada dengan menyelenggarakan muatan lokal pilihan.

"Masing-masing sekolah bisa menerjemahkan muatan lokal sesuai kondisi masing-masing sekolah. Misalnya, membatik, karawitan hingga seni tari," katanya.

Penghargaan LPPKS 2014 tersebut diterima secara langsung oleh staf ahli Wali Kota Yogyakarta Yulia Rustriningsih di Karanganyar, Jawa Tengah. Tahun ini, penghargaan diberikan kepada tiga gubernur, 53 wali kota dan bupati serta satu ketua yayasan.
(E013)

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024