Pengamat: koordinasi pemerintah pusat - daerah perlu diperkuat

id koordinator pemerintah pusat

Pengamat: koordinasi pemerintah pusat - daerah perlu diperkuat

Kampus UPN Veteran Yogyakarta (Foto Antara/doc/Emma)

Jogja (Antara Jogja) - Pemerintahan baru perlu menekankan penguatan koordinasi pusat dan daerah guna memastikan terwujudnya program prioritas pemerintah di daerah, kata pengamat politik Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta, Nikolaus Loy.

"Untuk memastikan sejauh mana program Nawacita mampu direalisasikan di daerah, pemerintah perlu memperkuat hubungan dengan daerah," kata Nikolaus di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, koordinasi antarlembaga pemerintahan di pusat dan daerah penting untuk terus diprioritaskan dalam rangka menyeimbangkan antara desentralisasi dan pengawasan.

"Dengan prinsip desentralisasi pemerintahan yang dibangun sejak 1999, bukan berarti pengawasan pusat ke daerah porsinya berkurang," katanya.

Selain itu, ia mengatakan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah juga perlu dilakukan untuk melihat sistem birokrasi yang ada di daerah. Menurut dia, birokrasi yang mempersulit masyarakat, juga secara langsung akan menghambat pencapaian program pemerintah.

"Jangan sampai ada birokrasi yang justru menghambat program Nawacita Jokowi," kata dia.

Ia mengatakan, prinsip desentralisasi sekaligus pengawasan pusat dan daerah sesuai dengan salah satu program prioritas Presiden Jokowi yang ingin menekankan pembangunan dari daerah.

Menurut dia, koordinasi antara pemerintahan pusat dan daerah selama ini memiliki kesan belum secara maksimal dibangun. Salah satu bukti, di bidang kesehatan masih tingginya angka kematian ibu di daerah.

"ke depan perlu ada penghargaan bagi daerah yang berhasil atau berprestasi. Sebaliknya, daerah juga perlu mendapat sanksi bila tidak menerapkan program pemerintah," kata dia.(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024