BPBD anggarakan Rp583 juta tambah peralatan pemadam

id BPBD

BPBD anggarakan Rp583 juta tambah peralatan pemadam

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah menganggarkan dana Rp583 juta dari APBD 2014 untuk membeli peralatan pendukung pemadam kebakaran yaitu satu set gunting hidraulis atau "combitool".

"Keberadaan peralatan pendukung pemadam kebakaran ini sangat penting, apalagi jika kebakaran terjadi di gudang atau bangunan yang dilengkapi dengan pintu dan gembok besi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Agus Winarto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, gunting hidraulis tersebut akan memudahkan petugas menggunting pintu atau gembok besi dari bangunan yang terbakar tanpa harus mendobrak pintu atau merusak gembok dengan cara memukulnya.

Agus menyebut kejadian kebakaran di salah satu pertokoan yang terjadi beberapa waktu lalu cukup sulit diatasi karena petugas tidak dapat masuk ke gedung akibat gedung sudah terkunci.

Petugas terpaksa merusak gembok dengan cara memukulnya sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dan api semakin membesar.

"Bagi petugas pemadam kebakaran, waktu adalah hal yang tidak dapat dianggap sepele. Semakin cepat kebakaran itu ditangani maka kerugian yang timbul tidak akan semakin besar," katanya.

Selain gunting hidraulis, di dalam "combitool" tersebut juga berisi berbagai peralatan pendukung seperti selang hidraulis, rantai, pompa hidraulis, kapak, dan tempat peralatan.

Agus menjelaskan ada berbagai jenis gunting hidraulis yang ada dipasarkan termasuk gunting yang dilengkapi dengan baterai sehingga sangat ringkas.

"Namun, kami tetap memilih gunting hidraulis ini karena jika harus menggunakan gunting bertenaga baterai, ada beberapa aspek yang mungkin tidak diharapkan terjadi di lapangan, seperti baterai yang rusak sehingga alat tidak bisa digunakan," katanya.

Berbagai peralatan pendukung pemadam kebakaran tersebut, kata dia, adalah peralatan impor sehingga harganya relatif cukup mahal.

"Kami sudah melakukan kajian terhadap beberapa merek, dan menilai produk yang paling baik adalah buatan Jerman," katanya.

Ia berharap seluruh peralatan pendukung pemadam kebakaran tersebut sudah dapat direalisasikan sebelum akhir tahun.

"Setelah direalisasikan pun, akan ada petugas yang mendampingi petugas BPBD untuk mengoperasionalkan peralatan itu. Kami pun meminta ada layanan purnajual sehingga saat peralatan mengalami kerusakan, bisa segera diperbaiki dan tidak mengganggu pelayanan," katanya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024