Dishub siapkan rekayasa lalu lintas jalur wisata

id bantul

Dishub siapkan rekayasa lalu lintas jalur wisata

Pemerintah Kabupaten Bantul ( foto id.wikipedia.org)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan rekayasa lalu lintas jalur menuju objek wisata Pantai Parangtritis pada malam 1 Muharram 1436 Hijriah untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan pengunjung.

"Kami akan melakukan rekayasa lalu lintas, kendaraan wisatawan hanya boleh lurus saja, kalau dari selatan (dari objek wisata) hendak ke timur tidak bisa. Rekayasa ini seperti saat Lebaran (Idul Fitri) lalu," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Suwito di Bantul, Jumat.

Seperti diketahui, 1 Muharam 1436 Hijriah jatuh pada Sabtu (25/10) sehingga pengunjung objek wisata diprediksi akan meningkat drastis pada Jumat ini mulai sore hingga dini hari, terutama yang menuju Pantai Parangtritis.

Ia mengatakan, dalam rekayasa lalu lintas dan mengatur arus kendaraan wisatawan selama malam 1 Muharram tetap lancar, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 60 personel perhubungan. Mereka akan ditugaskan di sejumlah persimmpangan mulai pukul 18.00 WIB.

"Rekayasa lalu lintas akan difokuskan di perempatan Bakulan, karena di persimpangan tersebut menjadi titik temu antara kendaraan yang melewati jalur barat melalui Jalan Samas dan jalur timur melewati Jalan Imogiri Barat," kata Suwito.

Sedangkan saat arus kepulangan wisatawan atau mulai pukul 00.00 WIB, petugas perhubungan akan fokus menjaga kawasan Pantai Parangtritis bekerja sama dengan Kepolisian Resor (Polres) Bantul dan Kepolisian Sektor (Polsek) Kretek.

"Untuk pulang (dari objek wisata Pantai Parangtritis), kami berlakukan satu arah melalui pantai Depok, jadi kendaraan yang keluar lewat Pantai Depok (pantai sebelah barat Parangtritis)," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul, Bambang Guritno, menargetkan sebanyak 16.000 wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pantai Parangtritis saat malam pergantian dan libur tahun baru Islam itu.

"Khusus Parangtritis, target pengunjung malam satu Syuro (1 Muharram) sebanyak 10 ribu pengunjung dengan pendapatan Rp50 juta, sementara pada 1 Syuro sekitar 6 ribu pengunjung dengan pendapatan Rp30 juta," katanya.

Sementara untuk objek wisata pantai selatan Bantul lainnya seperti Pantai Gua Cemara, Pantai Pandansimo dan Kuwaru pihaknya menargetkan pendapatan sebesar Rp30 juta selama libur 1 Muharram nanti.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024