Koran dinilai strategis bagi pemimpin sampaikan ide

id koran dinilai strategis

Koran dinilai strategis bagi pemimpin sampaikan ide

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Surat kabar atau koran merupakan media yang strategis bagi pemimpin nasional untuk menyampaikan ide dan bukti kinerjanya, kata peneliti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Puspaningtyas Sanjoyo Adi.

"Masyarakat dapat menilai mutu dari pemimpin melalui surat kabar yang dibacanya," katanya saat menyampaikan hasil penelitiannya pada seminar `Universitas Sanata Dharma (USD) Peduli Pemilu`, di Yogyakarta, Kamis.

Bahkan, kata dia, surat kabar dapat menjadi sarana propaganda dan pencitraan para calon pemimpin. Hal itu terlihat dari pilihan kata atau frase yang sering digunakan surat kabar dalam mengulas pemimpin tersebut.

Ia mengatakan kata-kata yang mengandung makna negatif dapat berakibat merosotnya popularitas seorang tokoh. Sebaliknya, kata-kata yang mengandung makna positif akan meningkatkan popularitas pemimpin tersebut.

Selain itu, menurut dia, pemberitaan seorang tokoh di surat kabar yang berlangsung dalam waktu lama dan frekuensi yang banyak juga dapat meningkatkan popularitas pemimpin tersebut.

Untuk itu, kata dia, diperlukan sebuah sistem yang secara otomatis mampu menilai dan mendeteksi pemberitaan tentang seorang tokoh.

"Hasilnya berupa sebuah rekomendasi tentang kualitas tokoh tersebut serta kecenderungan keberpihakan surat kabar pada seorang tokoh tertentu," kata dosen Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi USD itu.

Penelitian itu dilakukan Puspaningtyas bersama dosen Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi USD Tjipto Susana dan dosen Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi USD Eko Hari Permadi.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024