Empat kabupaten bersaing di Festival Sendratari DIY

id sendratari

Empat kabupaten bersaing di Festival Sendratari DIY

Ilustrasi Festival Sendratari (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Seluruh (empat) kabupaten di DIY akan bersaing menjadi penampil terbaik dalam gelaran Festival Sendratari Antar-Kabupaten se-DIY yang digelar di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta dua malam berturut-turut, 23-24 Oktober.

"Tahun ini, kontingen dari Kota Yogyakarta tidak dapat mengikuti festival, dan hal itu sangat disayangkan karena pada penyelenggaraan tahun lalu kontingen kota meraih predikat juara umum," kata Ketua Panitia Festival Sendratari Antar-Kabupaten se-DIY Kirman di Yogyakarta, Senin.

Keempat kabupaten yang akan menampilkan persembahan terbaik di ajang tersebut adalah Bantul dan Gunungkidul yang tampil pada Kamis (23/10), dan kontingen Kabupaten Sleman serta Kulon Progo akan unjuk kemampuan pada Jumat (24/10).

Menurut dia, penyelenggaraan festival tersebut membuahkan hasil yang cukup baik yaitu adanya regenerasi kelompok sendratari, termasuk berbagai unsur pendukung di dalamnya seperti penari dan penata tari.

Ia menyebut, banyak potensi-potensi baru yang bisa tergali dan muncul melalui festival yang pada tahun ini menginjak penyelenggaraan ke-42 tahun.

Selain menjadi wadah untuk menampung potensi seniman-seniman baru, lanjut dia, kegiatan tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum untuk mengapresiasi perkembangan baru dunia tari di DIY.

Sementara itu, Kepala Taman Budaya Yogyakarta Diah Tutuko Suryandaru mengatakan, festival tersebut sudah menjadi bagian situs budaya di Yogyakarta yang tidak dapat dipisahkan.

"Festival ini telah menjadi bagian terpenting dari nadi kehidupan budaya di Yogyakarta," tuturnya.

Ia berharap, melalui penyelenggaraan festival sendratari tersebut akan meningkatkan apresiasi dan wawasan seni masyarakat terhadap karya tari yang digarap melalui proses kreatif.

"Festival ini juga diharapkan dapat memacu semangat kreatif pada penata tari, penari, penata iringan, penata busana dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam pertunjukan," ujarnya.

Ia pun mengingatkan seluruh kontingen yang akan tampil, bahwa festival tersebut digelar dengan semangat kompetisi sehingga akan ada penghargaan yang diberikan, antara lain bagi penata tari terbaik, penata busana terbaik, penyaji terbaik, sutradara terbaik, pemeran utama terbaik, pemeran pembantu terbaik dan penata iringan terbaik.

Festival tersebut dibuka untuk umum dan masyarakat dipersilakan melihat langsung sendratari tanpa dipungut biaya apapun. Festival dimulai pada pukul 19.00 WIB sampai selesai setiap harinya.

 (E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024