Bupati canangkan Candibinangun sebagai desa tangguh bencana

id bupati canangkan candibinangun

Bupati canangkan Candibinangun sebagai desa tangguh bencana

Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman Sri Purnomo mencanangkan Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berada di lereng gunung Merapi sebagai desa tangguh bencana dan desa siaga bencana, Selasa.

Pencanangan Desa Candibinangun sebagai Desa Tangguh bencana dilakukan Bupati Sleman Sri Purnomo sekaligus melantik pengurus desa Tangguh Bencana Candibinangun.

"Perlu disadari bahwa dalam setiap mitigasi bencana, dukungan dari masyarakat dan dukungan tim relawan mutlak diperlukan," kata Sri Purnomo.

Menurut dia, masyarakat juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi bencana, dengan harapan kesiapsiagaan tersebut dapat bermanfaat dalam menentukan langkah-langkah yang tepat dalam mengantisipasi jatuhnya korban jiwa.

"Peran masyarakat dalam mitigasi bencana menjadi sangat penting, karena masyarakat merupakan subjek, objek, sekaligus sumber pokok dalam usaha pengurangan risiko bencana," katanya.

Ia mengatakan, agar memberikan manfaat yang optimal, rencana mitigasi harus mengadopsi dan memperhatikan kearifan lokal (local wisdom) dan pengetahuan tradisional (traditional knowledge) yang ada dan berkembang dalam masyarakat.

"Hal ini dikarenakan kedua aspek tersebut merupakan faktor penentu dalam keberha�silan upaya pengurangan resiko bencana," katanya.

Bupati juga mengukuhkan pengurus Desa Tangguh Bencana, yang diketuai Kepala Desa Candibinangun yang akan bertugas bila terjadi bencana.

Desa Candibinangun merupakan desa yang berpotensi mengalami bencana seperti puting beliung, longsor, banjir lahar dingin, dan kekeringan termasuk ancaman erupsi Gunung Merapi.

Tujuan pembentukan desa tangguh bencana adalah untuk mewujudkan masyarakat yang lebih siap menghadapi bencana (community preparedness) dan sebagai upaya yang diperlukan untuk pengurangan risiko bencana dengan melaksanakan langkah-langkah pencegahaan dan kesiapsiagaan

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024