Bupati Kulon Progo data langsung KK miskin

id bupati kulon progo

Bupati Kulon Progo data langsung KK miskin

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Hasto Wardoyo melakukan pendataan langsung ke rumah empat warga di Kecamatan Girimulyo yang didampinginya.

"Kami tidak hanya menginstruksikan kepada pegawai negeri sipil (PNS) untuk melakukan pendampingan keluarga miskin, tapi kami juga harus memberikan contoh dan ikut terjun langsung dalam pendampingan keluarga miskin ini," kata Hasto di Kulon Progo, Senin.

Bupati mengatakan pihaknya meminta PNS mendampingi empat KK miskin. Hal ini bertujuan mempercepat pengentasan kemiskinan di wilayah Kulon Progo.

Untuk itu, orang nomor satu di Kulon Progo ini juga mendatangi langsung empat KK miskin ke Kecamatan Girimulyo yang tersebar di empat Desa. Mereka adalah Pariyem warga Nogosari Purwosari, Sukijo warga Kluwih Pendoworejo dan Tukijo warga Sekaro Giripurwo serta Wagiyah warga Banyunganti Jatimulyo.

Menurut Hasto, keluarga miskin tersebut tiga dari empat orang kepala keluarga miskin masih produktif dan mampu untuk bekerja. Hanya Wagiyah yang sudah berusia tua dan menanggung tiga anak yang semuanya sakit.

Sedangkan warga miskin yang sudah tidak bisa diberdayakan lagi, orang nomor satu di Kulon Progo ini hanya bisa berharap mereka mendapatkan santunan dari masyarakat atau pemerintah

"Kami optimistis, tiga KK miskin yang produktif ini masih bisa diberdayakan supaya pendapatannya dapat meningkat," kata dokter spesialis kandungan ini.

Salah satu KK miskin yang didampingi Hasto, Pariyem yang mempunyai ketrampilan menganyam tikar ini mengharapkan pesanan membuat tikar lebih banyak lagi.

KK miskin lainnya, Sukijo yang berprofesi seorang rois ini menginginkan punya peternakan sapi. Sedangkan Tukijo punya keinginan menjadi pedagang kelontong keliling.


(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024