Menhan: hubungan pertahanan dengan Tiongkok semakin erat

id menhan yogi sugiantoro

Menhan: hubungan pertahanan dengan Tiongkok semakin erat

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro (Foto Antara)

Beijing (Antara Jogja)  - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan hubungan militer Indonesia dengan Tiongkok semakin erat, dan diharapkan semakin kokoh di masa datang.

"Saling kunjung antarpejabat tinggi kementerian pertahanan kedua negara, menggambarkan makin eratnya hubungan pertahanan kedua negara," katanya saat diterima Menhan Republik Rakyat Tiongkok Jenderal Chang Wangquan di Beijing, Senin.

Menhan Purnomo Yusgiantoro tiba di Markas Komite Militer Pusat Tiongkok, disambut upacara penghormatan secara militer dan langsung melakukan pembicaraan bilateral, tentang perkembangan hubungan pertahanan dan militer kedua negara.

Saling kunjung antarpejabat tinggi kementerian pertahanan kedua negara, semakin memperkuat komunikasi strategis antara Indonesia dan Tiongkok untuk memperkokoh hubungan pertahanan kedua negara.

Indonesia dan Tiongkok memiliki forum pertemuan menteri pertahanan tahunan, Forum Konsultasi Bilateral Pertahanan yang diketuai oleh wakil menhan masing-masing pihak, serta forum pada tingkat direktur jenderal.

"Kita juga telah melakukan saling tukar perwira siswa untuk belajar di lembaga pendidikan pertahanan serta militer di masing-masing negara. Program pendidikan dan latihan bersama ini semakin kuat dan lebih luas," ujar Menhan Purnomo.

Tidak itu saja, Indonesia dan Tiongkok juga telah memiliki forum dialog antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA), (Navy to Navy Cooperation Meeting/NTNCM).

"Tiongkok, juga telah menjadi salah satu sumber bagi modernisasi sistem persenjataan bagi militer Indonesia, sejalan dengan kebijakan Pemerintah Indonesia untuk melakukan diversifikasi dalam pembangunan sistem persenjataan bagi militer Indonesia," ungkapnya.

Karena itulah, lanjut Menhan Purnomo, kerja sama dengan Tiongkok sangat penting pula bagi pengembangan sistem persenjataan bagi pertahanan Indonesia.

Hal senada disampaikan Menhan RRT Jenderal Chang Wangqun, yang mengatakan, "Hubungan pertahanan dan militer dengan Indonesia selama lima tahun ini semakin kuat dan kokoh."

Ia menambahkan, selama lima tahun terakhir hubungan pertahanan Indonesia dan Tiongkok terus mengalami perkembangan yang pesat dan capaian yang semakin luas, tidak saja saling kunjung antarpejabat tinggi tetapi juga pertukaran perwira siswa, dan latihan bersama.

Kerja sama pertahanan kedua negara diawali dengan penandatanganan perjanjian kerja sama pertahanan Indonesia-Tiongkok pada 7 November 2007.

(R018)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024