Omzet penjualan ikan petani Bokesan Rp11 miliar

id omzet penjualan ikan

Omzet penjualan ikan petani Bokesan Rp11 miliar

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Omzet penjualan kelompok petani ikan Mina Ngremboko, Dusun Bokesan, Sindumartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencapai Rp11 miliar per tahun.

"Saat ini omzet penjualan kelompok petani ikan mencapai Rp11 miliar per tahun, dengan aneka usaha dari hulu ke hilir," kata Ketua Kelompok Petani Ikan Mina Ngremboko, Bokesan, Saptono, Selasa.

Menurut dia, aneka usaha yang dikembangkan Kelompok Petani Ikan Mina Ngremboko ini yakni dari pembenihan, pembesaran sampai dengan olahan ikan seperti abon, crispi, stik lele, peyek, dawet nila, bakso ikan, lemper isi abon lele dan lainnya. "Semua aneka usaha berbasis perikanan ini dikelola anggota kelompok dan selama ini telah mampu membantu meningkatkan perekonomian anggota," katanya.

Ia mengatakan, kelompoknya berdiri sejak 1985 dengan luas lahan perikanan 15.000 meter persegi dan beranggotakan 59 orang. "Penghargaan yang pernah kami iraih yakni juara II tingkat nasional kategori pusat pelatihan mandiri perikanan," katanya.

Sementara itu untuk menumbuhkan kecintaan makan ikan bagi anak-anak Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sleman menggelar lomba lukis dengan tema utama tentang ikan di kawasan perikanan Bokesan.

Lomba diikuti sekitar 150 anak siswa SD dan dibagi dalam dua kelompok yakni kelompok kelas 1 hingga 3 dengan pastel dan kelompok kelas 4 - 6 dengan cat air.

Lomba digelar di lokasi kelompok ikan Mina Ngremboko Bokesan Sindumartani Ngemplak.

Kegiatan ini sekaligus juga dijadikan sebagai sarana untuk menghidupkan kembali Desa Wisata Ikan Bokesan yang sejak 2012 mati suri.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024