Praktisi: pariwisata DIY harus miliki daya saing

id praktisi: pariwisata diy

Praktisi: pariwisata DIY harus miliki daya saing

Wisatawan mancanegara mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat (Foto Antara)

 Jogja (Antara Jogja) - Praktisi pariwisata dan budaya Widi Utaminingsih mengemukakan tujuan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta harus memiliki daya saing yang kuat agar dapat bersaing dengan daerah tujuan wista lainnnya.

"Karenanya para pemangku kepentingan pariwisata daerah ini perlu membangun daya saing pariwisata, agar daerah ini mampu menjadi destinasi wisata unggulan," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta itu di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, membangun daya saing pariwisata harus menjadi perhatian para pemangku kepentingan pariwisata di daerah itu dalam upaya meraih keberhasilan pembangunan sektor ini di masa mendatang.

Menurut dia, meningkatkan daya saing pariwisata di antaranya melalui peningkatan layanan kepada wisatawan, layanan akomodasi, serta kenyamanan di objek wisata.

Selain itu, kata Widi, diperlukan pula keramahtamahan masyarakat daerah itu dalam menyambut kedatangan wisatawan.

"Selama ini keluhan wisatawan masih berkaitan dengan layanan dan ketersediaan infrastruktur, akomodasi hotel, termasuk wisata belanja," kata Widi Utaminingsih yang yayasannya bergerak di bidang studi pengembangan pariwisata dan kebudayaan berbasis potensi lokal ini.

Oleh karena itu, kata dia, hal paling mendasar yang perlu dibenahi di sektor pariwisata di wilayah DIY ke depan adalah meningkatkan daya saing tersebut.

Dengan demikian, kata dia, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan, serta perbaikan infrastruktur pariwisata.

Selain itu, kata dia, pelaku dan sumber daya manusia (SDM) pariwisata di DIY juga harus ditingkatkan kualitasnya.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024