Linda: optimalkan kesetaraan gender dalam pekerjaan

id linda: optimalkan kesetaraan

Linda: optimalkan kesetaraan gender dalam pekerjaan

Linda Amalia Sari Gumelar (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar meminta semua pihak terkait untuk mengoptimalkan kesetaraan gender dalam pekerjaan.

"Pengarusutamaan gender penting dalam penerapan kesempatan dan perlakuan yang sama tanpa diskriminasi," kata Linda Amalia Sari Gumelar di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan, pada saat ini, masih banyak kesenjangan yang terjadi di dunia kerja.

Deputi Bidang PUG Bidang Ekonomi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulikanti Agusni menambahkan, jumlah persentase laki-laki dan perempuan yang berumur 15 tahun ke atas, masih lebih banyak laki-laki yang bekerja dibandingkan perempuan.

"Perempuan pada kelompok ini lebih banyak mengurus rumah tangga. Ironisnya, hal ini dinilai wajar," katanya.

Persentase perempuan sebagai tenaga manajer, profesional, kepemimpinan, dan teknisi, tambah dia, relatif masih rendah dibandingkan laki-laki, yaitu 45,22 persen sedangkan laki-laki sebesar 54,78 persen.

"Keterlibatan perempuan dalam pekerjaan memberikan gambaran kemajuan peran perempuan, yang mana selama ini perempuan dipandang hanya berurusan dengan pekerjaan rumah tangga, padahal perempuan sebenarnya memiliki potensi yang sama baiknya dengan laki-laki," katanya.

Hanya saja, menurut dia, perempuan kurang memiliki kesempatan karena terbentur persoalan budaya serta kodrat yang melekat terkait dengan fungsi-fungsi reproduksi.

(W004)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024