Gunung Kidul gelar lomba cerita wayang anak

id gunung kidul gelar

Gunung Kidul gelar lomba cerita wayang anak

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar lomba cerita wayang untuk mengenalkan budaya sejak dini kepada anak.

Kepala Kantor Perpustaan dan Arsip Gunung Kidul Sugiyanto di Gunung Kidul, Senin, mengatakan lomba yang diikuti oleh sembilan peserta dari beberapa SD di Kabupaten Gunung Kidul itu, untuk menumbuhkembangkan budaya baca, memasyarakatkan dan melestarikan seni tradisional wayang.

"Banyak sisi pewayangan yang bisa dijadikan pengingat agar kita berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari, nilai itu perlu dikenalkan kepada anak-anak sejak usia dini. Saat ini kebudayaan pada khususnya, sudah mulai mengalami kelunturan," katanya.

Ia mengatakan pentingnya melestarikan kebudayaan yang menjadi salah satu identitas suatu daerah, mendorong untuk menggelar lomba cerita wayang.

"Kebudayaan tradisional wayang harus kita lestarikan, jangan sampai hilang karena ini merupakan identitas bangsa," katanya.

Sugiyanto mengatakan penilaian dalam lomba itu, tergolong ketat karena para juri berasal dari berbagai kalangan, termasuk budayawan. "Tujuannya agar memperoleh pemenang dan akan mewakili Gunung Kidul dalam lomba tingkat DIY," katanya.

Salah satu juri, Heri Nugroho mengatakan ada beberapa kriteria yang ditetapkan dalam penilaian, antara lain bahasa, isi, bobot naskah untuk cerita, presentasi, dan penguasaan materi."Semua peserta memang mempunyai bakat bercerita, " kata dia.

Dia mengatakan pemilihan pemenang sesuai dengan kriteria yang diterapkan dengan harapan pada masa mendatang anak-anak Gunung Kidul semakin gemar budaya. "Ke depan diharapkan semakin banyak anak-anak yang bisa bercerita wayang, sehingga tidak luntur," kata Heri.

Hasil lomba, juara I Aditya Dwi Saputro (12) siswa SDN 1 Jetis Semanu, juara II Gimna Cahyo Nugroh (SD Muhammadiyah Al-Mujahidin), juara III Destiyana Nur Hasna Ramadhanti (SD Wonosari 1), juara harapan I Anissa Anindita Sakiya (SD Wonosari 1), dan juara harapan II M.E. Clarissa Sonja (SD Wonosari I).

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024