Menteri: perlu gerakan masih perangi sampah

id gerakan perangi sa,pah

Menteri: perlu gerakan masih perangi sampah

Ilustrasi tumpukan sampah di sungai (antaranews.com)

Balikpapan (Antara Jogja) - Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengatakan, perlu gerakan masif untuk memerangi sampah karena merupakan salah satu sumber pencemar terbesar yang merusak lingkungan.

"Kita nyatakan tekad dan komitmen bangsa untuk memerangi sampah sehingga 2020 Indonesia bebas sampah," kata Balthasar di Balikpapan, Rabu.

Menteri Balthasar berada di Balikpapan untuk menyaksikan deklarasi dan penandatanganan Menuju Indonesia Bebas Sampah 2020 oleh kepala daerah se-Kalimantan.

Dia mengatakan,  jumlah penambahan sampah begitu masif dan bertambah seiring pertumbuhan penduduk terutama di wilayah perkotaan dan ancamannya juga luar biasa.

Menurut dia, persoalan sampah di negara-negara sedang berkembang adalah bagaimana kemampuan mengelola sampah.

"Ini berat, kalau tidak bisa dikelola dengan baik dan gampangnya kita buang ke air, ke jalan atau dibakar dampaknya sangat besar tanah terkontaminasi, air juga tercemar," katanya.    

Jika melihat negara-negara maju seperti Jepang, Singapura, Korea dan lainnya maka sulit menemukan sampah, tambah dia.

"Mudah-mudahan 2020 kita bisa sama seperti negara maju karena itu ini harus jadi gerakan massal bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi kita semua," kata Balthasar.

(D016)

    

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024