Perguruan tinggi diharapkan perhatikan pengembangan kreativitas mahasiswa

id perguruan tinggi diharapkan

Perguruan tinggi diharapkan perhatikan pengembangan kreativitas mahasiswa

Universitas Kristen Duta Wacana (Foto students.ukdw.ac.id)

Jogja (Antara Jogja) - Perguruan tinggi diharapkan lebih memperhatikan pengembangan kreativitas pada diri mahasiswa, kata Rektor Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta Djohan.

"Selama ini perguruan tinggi sangat perhatian kepada industri kreatif, tetapi belum terlalu memperhatikan pengembangan kreativitas mahasiswa," katanya di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, keterampilan dosen yang dibutuhkan dalam hal ini adalah mengenali dan membina kepribadian mahasiswa, sikap dan perilaku mahasiswa dalam berkarya.

Selain itu juga mengenali dan membina keterampilan mahasiswa dalam berkarya serta kemandirian mahasiswa setelah menghasilkan karya.

Ia mengatakan perguruan tinggi sangat perhatian pada pengembangan kewirausahaan tetapi belum terlalu memperhatikan kepribadian wirausahawan.

Dalam hal ini, kata dia, dosen perlu mendidik dan memberikan contoh melalui diri dosen sendiri dan diri wirausahawan yang sukses.

"Contoh itu antara lain tentang bekerja keras, bekerja jujur, bekerja harmonis dalam kelompok serta mengambil inisiatif dalam ketidakpastian dan kesempatan," kata Djohan.

Ia mengatakan dosen perlu megembangkan simulasi konsultasi dengan mahasiswa yakni menjadikan dirinya wirausahawan sebelum mahasiswa berinteraksi intensif dengan wirausahawan yang sebenarnya.

"Interaksi itu banyak dalam bentuk konsultasi, bahkan konsultasi antara satu mahasiswa dengan satu wirausahawan, sesuatu yang sulit dipenuhi pada kondisi saat ini," katanya.

Menurut dia, perguruan tinggi penting untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa sinergi dengan kepribadian mahasiswa tersebut seperti pengembangan ilmu dengan kepribadian ilmuwan, penelitian dengan peneliti, pengabdian dengan pengabdi, dan keterampilan dengan praktisi.

"Tujuan pencapaian itu penting didukung dosen-dosen yang tidak hanya menunjukkan kemampuannya dalam bidang ilmu, penelitian, dan pengabdian tetapi juga memiliki karakter sebagai ilmuwan, peneliti, dan pengabdi," kata Djohan.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024