Praktisi: perlu pemetaan objek wisata kuliner

id praktisi: perlu pemetaan

Praktisi: perlu pemetaan objek wisata kuliner

Sentra makanan khas gudeg di Wijilan, Kota Yogyakarta (Foto Antara/Sidik)

Jogja (Antara Jogja) - Perlu ada pemetaan potensi objek wisata kuliner di Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai upaya membantu memudahkan wisatawan menemukan objek wisata tersebut, kata praktisi pariwisata dan budaya Widi Utaminingsih.

"Pemangku kepentingan pariwisata di daerah ini perlu segera melakukan pemetaan potensi wisata kuliner yang ada guna mempercepat peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke provinsi ini," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, pemetaan potensi wisata kuliner harus merata di setiap wilayah kabupaten maupun kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sehingga wisatawan yang berkunjung ke daerah ini bisa memiliki banyak pilihan dalam menikmati kuliner.

Dalam membangun pariwisata DIY memerlukan kekompakan dan soliditas antarpemangku kepentingan pariwisata di daerah ini.

"Jadi, membangun pariwisata tidak bisa jalan sendiri-sendiri, karena hasilnya tidak akan optimal, termasuk pengembangan wisata kuliner," katanya.

Ia mengatakan potensi wisata kuliner di wilayah DIY cukup besar dan beragam jenisnya, sehingga bagi wisatawan pemburu kuliner akan terpuasi karena banyak pilihan bagi mereka.

"Hanya saja, wisatawan tersebut harus diberikan informasi mengenai potensi objek wisata kuliner di daerah ini, sehingga diharapkan akan memperoleh kemudahan dalam memburu kuliner,"kata Widi yang yayasannya bergerak dalam studi pengembangan pariwisata dan budaya berbasis potensi lokal.

Widi Utaminingsih mengatakan membangun pariwisata tidak bisa sendiri-sendiri, tetapi harus memiliki kesamaan pandangan dan satu tujuan yakni meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

DIY memiliki potensi wisata yang beragam, sehingga bisa menyajikan banyak pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.Potensi tersebut salah satunya adalah objek wisata kuliner

"Hanya saja, jika potensi itu tidak dikembangkan secara optimal, maka wisatawan tidak bisa menikmati keanekaragaman objek wisata yang ada di daerah ini," kata Widi Utaminingsih.

Untuk itu, kata dia, perlu ada promosi wisata, baik di dalam maupun luar negeri.Promosi harus dilakukan bersama-sama oleh para pemangku kepentingan pariwisata di daerah ini.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024