Laju Marquez terhenti saat Pedrosa menangi GP-Ceko

id laju marquez terhenti

Laju Marquez terhenti saat Pedrosa menangi GP-Ceko

Dani Pedrosa (Foto antaranews.com)

Brno (Antara/AFP Jogja) - Harapan Marc Marquez untuk dapat mencetak 11 kemenangan beruntun di MotoGP berakhir pada Minggu, ketika rekan setimnya di Honda Dani Pedrosa asal Spanyol memenangi MotoGP Ceko di Brno.

Pedrosa yang meraih kemenangan di Brno pada 2012, menyelesaikan 22 putaran pada sirkuit dengan panjang 5,4 kilometer dalam kondisi kering ini dalam waktu 42 menit 47,800 detik, unggul atas duet Yamaha Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, di mana Marquez finis pada peringkat keempat.

Marquez ingin menjadi pebalap pertama di kelas utama yang memenangi 11 balap pembuka dalam semusim.

Legenda Italia Giacomo Agostini memenangi 10 balap pembuka di musim kelas utama pada 1968, 1969, dan 1970, saat ia mendominasi dunia balap roda dua.

Bagaimanapun, belum ada seorang pun yang pernah memenangi 11 balap pembuka - terpisah dengan fakta bahwa musim sempurna Agostini pada 1968 hanya melombakan 10 balap.

Marquez, yang gagal naik podium untuk pertama kalinya sejak balap di Australia tahun lalu, sekarang memuncaki klasemen dengan 263 angka, unggul 77 angka atas Pedrosa dan 90 angka atas Rossi.

Seperti yang sering terjadi pada musim ini, Marquez memulai balap dengan buruk meski ia start dari posisi terdepan, dengan turun ke posisi ketujuh.

Lorenzo mampu merangsek ke depan, diikuti oleh Pedrosa yang menyalipnya pada putaran kelima untuk menjaga keunggulannya atas Lorenzo yang tidak pernah benar-benar mampu mendekat.

Marquez mengunci posisi ketiga namun bukannya memangkas celah dengan dua pebalap terdepan, ia mendapati dirinya ditekan oleh Rossi.

Terlibat pada kecelakaan keras pada latihan Sabtu yang melukai jari pada tangan kirinya, Rossi, yang telah memenangi lima balap kelas utama Brno, tetap mampu melewati Marquez pada pertengahan balap.

Ia finis dengan keunggulan lima detik dari sang pemuncak klasemen pada apa yang menjadi untuk ke-190 kalinya ia finis di podium dalam semua kelas di Grand Prix balap sepeda motor.

Pada balap yang dilakukan sebelumnya, pemuncak klasemen Moto 2 asal Spanyol Esteve Rabat mendominasi balap di kategorinya, dengan mengungguli rekan setimnya yang berasal dari Finlandia Mika Kallio dan pebalap Jerman Sandro Cortese.

Di kelas Moto 3, pebalap Prancis Alexis Masbou meraih kemenangan perdana dalam kariernya setelah mengalahkan pebalap Italia Enea Bastianini dan pebalap Inggris Raya Danny Kent pada finis yang ketat, di mana 16 pebalap melintasi garis finis dalam waktu dua detik.

(A.R.A Adipati)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024