19 pemuda asing diterima di FKH UGM

id mahasiswa asing

19 pemuda asing diterima di FKH UGM

fakultas kedokteran UGM (Foto Antara/Shinta)

Jogja (Antara Jogja) - Sebanyak 19 pemuda asing diterima sebagai mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015.

"Mereka terdiri atas 14 pemuda dari Malaysia dan lima pemuda dari Timor Leste," kata Dekan Fakultas Kedokteran (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Joko Prastowo di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, jumlah mahasiswa asing diperkirakan terus meningkat seiring dengan akan dibukanya kelas internasional FKH UGM.

"Kami akan mempersiapkan kelas internasional, dalam waktu dekat kami akan memperbaiki kualitas layanan dan mutu akademik melalui proses akreditasi ASEAN University Network," katanya.

Ia mengatakan melalui perbaikan layanan mutu akademik itu diharapkan para mahasiswa calon dokter hewan dari luar dan dalam negeri yang belajar di FKH UGM memiliki tingkat keterampilan yang lebih unggul dan memiliki daya saing yang tinggi.

"Selain itu, mereka juga diharapkan setelah lulus bisa lebih mandiri dengan membuka layanan praktik dokter hewan," katanya.

Menurut dia, tantangan bagi para dokter hewan saat ini tentu tidak mudah apalagi dengan akan diberlakukannya ASEAN Single Community pada 2015.

Dalam konteks itu, kata dia, para lulusan dokter hewan diharuskan bisa berkompetisi dengan para dokter hewan dari berabagai negara di kawasan Asia Tenggara.

Ia mengatakan dokter hewan juga dituntut bisa memberantas penyakit hewan yang saat ini berisiko besar bisa menular ke manusia.

"Sekitar 70 persen penyakit yang menginfeksi ke manusia saat ini berasal dari hewan. Oleh karena itu, kesehatan hewan sangat berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024