ISI mantapkan kerja sama dengan PT mancanegara

id isi bali dng pt

ISI mantapkan kerja sama dengan PT mancanegara

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar,Bali (antaranews.com)

Denpasar (Antara Jogja) - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar lebih memantapkan jalinan kerja sama dengan perguruan tinggi (PT) dan berbagai pihak di dalam dan mancanegara pada tahun ini.

"Berbagai MoU telah ditandatangai dan baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan lima lembaga, yakni Pemkab Tabanan, Pemkab  Klungkung, Universitas Ciputra (Jakarta), dan Bentara Budaya Bali,"   Rektor ISI Denpasar Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.S.Kar., M.Hum. di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan bahwa satu bentuk kerja sama menarik yang terjadi secara alami dalam satu tahun belakangan ini adalah pariwisata pendidikan.

Lembaga pendidikan tinggi seni ini sejak Januari hingga akhir Juli 2014 mendapat kunjungan dari ratusan siswa, mahasiswa, guru, dan dosen berbagai jenjang pendidikan dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri.

"Mereka berwisata menyaksikan proses pembelajaran, mengadakan  workshop dan pentas bersama, dan mengunjungi museum gamelan terbesar yang dimiliki ISI Denpasar," ujar Arya Sugiartha.

ISI Denpasar ke depan lebih memantapkan jalinan kerja sama  sebagai upaya menjadikan lembaga pendidikan tinggi seni itu pusat unggulan dalam bidang seni dan budaya.

 Upaya itu sekaligus menjadikan ISI Denpasar sebagai pusat penciptaan, pengkajian, penyajian dan pembina seni yang unggul  berwawasan kebangsaan untuk memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan perkemangan zaman.

Kerja sama yang akan ditandatangani pada tahun 2014, antara lain dengan "Holly Cross University" di Boston, National Taiwan University of the Arts, Taipei National of the Arts, dan Nanjing University of Art.

Implementasi kegiatan dari masing-masing kerja sama tetap dipertahankan, seperti yang kini sedang berlangsung kegiatan pertukaran mahasiswa asing dengan University of Western Australia (UWA).

ISI Denpasar terus berupaya memperluas jaringan di dunia internasinal yang selama ini sudah terealisasi dengan sekitar 35 perguruan tinggi lintas negara.

"Kerja sama dengan puluhan perguruan tinggi seni dan berbagai pihak di mancanegara itu sebagai upaya menjadikan ISI Denpasar 'go international'," ujar Arya Sugiartha.

(I006)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024