Distan Diy: persediaan daging sapi mencukupi

id distan diy: persediaan

Distan Diy: persediaan daging sapi mencukupi

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin persediaan daging sapi di daerah ini selama libur Lebaran aman atau mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran nanti persediaan (daging sapi) dipastikan aman," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sutarno di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, rata-rata setiap rumah pemotongan hewan (RPH) di daerah ini memotong sekitar 1.500 hingga 2.000 ekor sapi per bulan, sementara kebutuhan konsumsi daging sapi masyarakat masih di bawah angka tersebut.

"Rata-rata kebutuhan konsumsi sapi masyarakat mencapai delapan ton per bulan, dan selama Ramadhan hingga Idul Fitri juga tidak jauh berbeda," katanya.

Bukan hanya tercukupi, bahkan menurut Sutarno, Distan DIY juga dapat memenuhi kebutuhan daging sapi masyarakat daerah lainnya seperti Daerah Khusus Ibu kota (DKI) Jakarta serta Jawa Barat.

Sutarno mengklaim data pada Juni 2014 populasi sapi di DIY cukup tinggi yang ditopang dari pengoptimalan berbagai program peningkatan populasi sapi, khususnya sapi putih.

Populasi sapi di DIY tahun ini sebanyak 280.000 ekor, jumlah itu meningkat dibanding 2013 sebanyak 272.000 ekor sapi. "Dari keseluruhan populasi sapi di DIY, 30 persen atau sekitar 84.000 ekor saat ini adalah sapi putih," kata dia

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024