Kapolda DIY jamin kondisi rel kereta api bagus

id rel

Kapolda DIY jamin kondisi rel kereta api  bagus

Ilustrasi rel kereta api (antarajateng.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Polisi Oerip Subagyo menjamin jalur rel kereta api Daerah Operasional VI, khususnya Yogyakarta dalam kondisi bagus dan siap dilalui kereta pada arus mudik dan balik Lebaran 1435 Hijriah.

"Kondisi rel kereta api dan alat pendukung lainnya perangkat elektrik dan mekaniknya juga siap untuk menerima peningkatan jadwal kereta api," kata Oerip di Stasiun Sentolo usai meninjau kesiapan rel kereta api di Kulon Progo, Rabu.

Ia mengharapkan petugas juga disiapkan untuk mengecek secara rutin rel kereta api dengan baik, sehingga menjaga kelancaran arus kereta api.

"Hal ini untuk menjamin keselamatan dan supaya tidak ada gangguan selama arus mudik dan balik," katanya.

Dia nengatakan tidak ada titik rawan pada jalur kereta api di wilayah Daop IV. Semua dalam kondisi yang cukup bagus termasuk jembatan yang melintang di atas Sungai Progo.

Namun demikian, ia berharap petugas yang sudah disiapkan melakukan pengecekan secara rutin sehingga kelancaran arus kereta api terjamin.

Meski semua dalam kondisi baik, ia menekankan perlunya pengamanan perlintasan kereta api mengingat banyak terdapat perlintasan yang tidak ada palang pintunya. Warga masyarakat juga diharapkan berhati-hati ketika menyeberang rel.

"Kepolisian juga membantu 200 anggota Brimob untuk mengamankan jalur maupun di atas kereta api," katanya.

Manager Humas PT KAI Daop IV Jateng-DIY, Bambang Setiyo Prayitno, mengatakan di wilayah DIY ada 124 pintu perlintasan. Dari jumlah itu ada 62 yang tidak dijaga atau tidak memiliki palang pintu dan petugas penjaga, serta empat yang liar.

Adapun khusus di wilayah Kulonprogo mayoritas tidak dijaga sebanyak 35 perlintasan, 4 liar, dan hanya 7 yang dijaga. Selain itu ada 11 underpass dan satu jembatan layang.

"Seluruh ruas kereta api dalam kondisi bagus. Untuk sementara ini masa angkutan Lebaran kita lakukan penjagaan," katanya.

(KR-STR)