Panwaslu: masyarakat Yogyakarta dewasa sikapi hasil pilpres

id panwaslu: masyarakat yogyakarta

Panwaslu: masyarakat Yogyakarta dewasa sikapi hasil pilpres

Agus Triyatno (Foto Antara/Jarot)

Jogja (Antara Jogja) - Panitia Pengawas Pemilu Kota Yogyakarta menilai masyarakat di daerah ini cukup dewasa dalam menyikapi hasil rekapitulasi suara Pemilihan Umum Presiden 2014, sehingga sampai sekarang tidak ada yang keberatan yang disampaikan melalui panwaslu.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Yogyakarta Agus Triyatno di Yogyakarta, Senin, mengatakan sampai berakhirnya rekapitulasi suara Pilpres 2014 di wilayah Kota Yogyakarta, pihaknya tidak menerima adanya pengaduan maupun komplain tim sukses dari dua pasangan capres-cawapres.

"Mereka merasa penghitungan suara di tingkat PPS dan rekapitulasi di tingkat PPK serta KPU Kota Yogyakarta berjalan baik tanpa ada kecurangan. Jika ada perbedaan jumlah suara, hanyalah `human eror` karena petugas keletihan," kata Agus Triyatno yang dalam waktu dekat akan mengakhiri tugasnya.

Ia mengatakan masyarakat Yogyakarta melihat proses perjalanan penghitungan suara cukup wajar dan transparan, sehingga setelah mereka memberikan hak suaranya dan melihat tidak ada permasalahan, maka mereka tidak melakukan reaksi.

"Bahkan para saksi dari kedua pasangan capres-cawapres menyatakan proses penghitungan suara Pilpres 2014 di Kota Yogyakarta berjalan dengan baik, meskipun tidak mulus sekali dan ada kesalahan-kesalahan, namun setelah dikoreksi di tingkat lebih atas tidak ada masalah lagi," katanya.

Dengan demikian, kata dia, masyarakat Yogyakarta dinilai cukup dewasa dalam berdemokrasi, sehingga tidak ada gejolak berarti dalam proses rekapitulasi suara hasil Pilpres 2014.

"Jadi, saat ini masyarakat Kota Yogyakarta menunggu saatnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengeluarkan pengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara pasangan capres-cawapres di tingkat pusat," kata Agus Triyatno.

Saat ini, kata dia, pihaknya setelah tugas pengawasan Pilpres 2014 di tingkat Kota Yogyakarta dapat diselesaiakan, maka tinggal menyusun laporan secara administratif seluruh kegiatan Panwaslu Kota Yogyakarta.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024