Disbudparpora imbau pengelola perahu tidak naikkan tarif

id Perahu Jukung Glagah

Disbudparpora imbau pengelola perahu tidak naikkan tarif

Perahu jukung di Laguna Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, banyak diminati pengunjung. (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau pengelola perahu wisata di objek wisata Pantai Glagah tidak menaikkan tarif atau memasang tarif wajar saat libur Lebaran 1435 Hijriah.

Kepala Disbudparpora Kulon Progo Eko Wisnu Wardana di Kulon Progo, Minggu, mengatakan imbauan ini dalam upaya meningkatkan pelayanan dan untuk menciptakan ketertiban, keamanan, kenyamanan bagi pengunjung objek wisata serta menyambut Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Kami juga mengimbau kepada para pengelola perahu wisata di Objek Wisata Pantai Glagah untuk menjaga ketertiban dan keamanan bagi pengunjung objek wisata atau penumpang perahu wisata," kata Eko.

Dia juga berharap pengeloa perahu wisata untuk melayani pengunjung dengan ramah dan memberikan kesan dan kenangan yang baik kepada pengunjung objek wisata atau penumpang perahu wisata. Sebab, laguna Pantai Glagah sangat diminati pengunjung, khususnya anak-anak.

Hal yang juga diperhatikan, lanjut Eko, mereka juga diimbau menjaga kebersihan dan keindahan di sekitar objek wisata. Serta, membawa penumpang sesuai kapasitas perahu, agar memberikan rasa aman bagi wisatawan dan menghindari atau mencegah kemungkinan terjadinya bahaya kecelakaan di air.

"Pengelola perahu wisata harus menyediakan pelampung sesuai dengan jumlah penumpang perahu wisata dan meminta penumpang untuk mengenakan pelampung," kata Eko.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Tim SAR untuk meningkatkan pengawasan keselamatan pengunjung atau wisatawan di objek wisata, khususnya sepanjang Panti Trisik, Glagah dan Congot, serta Waduk Sermo. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan di objek wisata.

"Kita ketahui bersama, kondisi cuaca diperairan selatan sedang kurang bersahat. Kami berharap, pada libur lebaran nanti tidak ada kecelakaan laut. Tim SAR sangat berperan untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan," katanya.

(KR-STR)