TPS Bola tingkatkan antusias warga Ngampilan memilih

id tps bola tingkatkan

TPS Bola tingkatkan antusias warga Ngampilan memilih

Tempat Pemungutan Suara 13 Kelurahan Ngampilan, Kota Yogyakarta (Foto Antara/Eka Arifa R)

Jogja (Antara Jogja) - Tempat Pemungutan Suara 13 Kelurahan Ngampilan, Kota Yogyakarta, tampil unik dibanding tempat pemungutan suara lainnya, yaitu dengan mengusung tema Piala Dunia dengan tujuan meningkatkan antusias warga untuk menggunakan hak pilihnya.

"Piala Dunia masih berlangsung, meskipun sudah akan mencapai final. Meskipun demikian, kami meyakini bahwa masyarakat masih larut dalam kegembiraan pergelaran Piala Dunia, sehingga kami pun memilih mengusung tema ini," kata Wakil Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Tempat Pemungutan Suara (TPS) 13 Kelurahan Ngampilan Dani Sartika di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, tema Piala Dunia tersebut cukup mampu meningkatkan antusias warga untuk menggunakan hak pilihnya yang dapat dibuktikan dengan tingkat partisipasi warga sudah mencapai lebih dari 50 persen hingga pukul 10.30 WIB.

"Total pemilih yang ada di TPS ini adalah 419 orang. Hingga pukul 10.30 WIB sudah ada lebih dari 270 warga yang menggunakan hak pilihnya," kata Dani.

Dani menambahkan, TPS tersebut sudah untuk ketiga kalinya tampil unik di setiap penyelenggaraan pemilu. Pada Pemilu Legislatif April, TPS tersebut mengusung tema budaya Bali.

"Antusias warga pun cukup tinggi. Pada Pemilu Legislatif lalu, tingkat partisipasi pemilih di TPS ini mencapai lebih dari 80 persen," katanya.

Di TPS 13 Ngampilan tersebut, seluruh anggota KPPS menggunakan kostum sepak bola dari sejumlah negara yang tampil di Piala Dunia pada tahun ini. "Kostum sepak bola ditentukan sendiri oleh KPPS, sesuai dengan kesenangan masing-masing," katanya.

Sejumlah KPPS di TPS 13 Ngampilan tersebut mengenakan kostum yang berbeda-beda seperti kostum tim nasional Perancis, Inggris, Italia, Belanda dan Korea Selatan.

Dinding TPS pun tidak dibiarkan polos, tetapi dihiasi dengan berbagai bendera negara peserta Piala Dunia dan logo FIFA. Begitu pula dengan meja tempat bilik suara dihiasi dengan bendera negara peserta bahkan replika bola Piala Dunia.

Salah seorang pemilih, Heryadi Purnomo mengatakan cukup senang dengan suasana TPS yang cukup unik. "Momentumnya pun sangat tepat sehingga meningkatkan antusias warga untuk memilih. Apalagi pemilu kali ini ditujukan untuk menentukan presiden yang baru," katanya.

Pemilu Presiden 2014 diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

(E013)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024