KPU : kampanye terbuka pilpres disesuaikan jadwal pusat

id kpu kab bantul

KPU : kampanye terbuka pilpres disesuaikan jadwal pusat

Komisioner KPU Bantul, Arif Widayanto (Foto Antara/Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyesuaikan jadwal dari KPU pusat terkait pelaksanaan kampanye terbuka di wilayah ini menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden 9 Juli 2014.

"Kami memang tidak ada jadwal kampanye terbuka Pilpres, namun karena ini sifatnya nasional, kami akan ikuti jadwal pembagian harinya sesuai yang ditetapkan KPU RI," kata Komisioner KPU Bantul, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Arif Widayanto, Kamis.

Menurut dia, tahapan kampanye terbuka bagi dua tim pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pilpres 2014 sudah dimulai pada 4 Juni dan akan berakhir pada 5 Juli, tiga hari sebelum pemungutan suara berlangsung.

Meski menyesuaikan jadwal dari pusat, kata dia KPU Bantul telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan lokasi sebagai tempat sosialisasi maupun pelaksanaan kampanye politik untuk menyampaikan visi-misi pasangan capres dan cawapres.

"Nanti kami coba akan melayani dan fasilitasi, ada beberapa opsi yaitu tetap menyediakan 17 lapangan di 17 kecamatan, atau hanya beberapa lapangan yang disepakati, misalnya Bantul bagian timur bagian barat untuk lokasi kampanye itu," katanya.

Menurut dia, saat ini pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) setempat untuk menyelesaikan Peraturan Bupati (Perbup) Bantul tentang pelaksanaan kampanye terbuka maupun tata cara pemasangan peraga kampanye Pilpres.

"Kampanye sudah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 16, tapu akan lebih aplikatif apabila ada Perbup, kami usahakan dalam minggu ini terbit, Perbub itu mengatur tentang tata cara pemasangan alat peraga kampanye (APK), termasuk daerah yang dilarang," katanya.

Pihaknya berharap kedua tim kampanye pasangan capres dan cawapres dapat melakukan kampanye secara santun, bertanggungjawab serta tidak ada unsur kekerasan, menyusul deklarasi kampanye damai dan berintegritas yang disepakati tim kampanye pada 3 Juni lalu.

Pemilu Presiden yang berlangsung pada 9 Juli 2014 akan diikuti dua pasangan capres dan cawapres, yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).
(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024