Pantai Krakal dikembangkan sebagai tempat selancar DIY

id pantai krakal

Pantai Krakal dikembangkan sebagai tempat selancar DIY

ilustrasi olahraga selancar (antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pelaku wisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan kawasan Pantai Krakal sebagai tempat selancar atau "surfing" di wilayah ini.

Koordinator Surfing Pantai Krakal Agus Budi Harjo di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan Pantai Krakal memiliki karakteristik gelombang atau ombak tinggi dan konsisten.

"Karakteristik ombak inilah yang membuat wisatan mancanegara dan domestik memilih Pantai Krakal untuk melakukan surfing," kata Budi.

Menurut Agus, selain memiliki ombak yang konsisten, Pantai Krakal memiliki luas pantai yang cukup luas apabila dijadikan lokasi surfing.

Tidak hanya peselancar manca negara, panjut Agus, peselancar lokal asal Pantai Parangtritis, Bantul dan Surver lokal Gunung Kidul sendiri banyak yang memakai Pantai Krakal.

Dia mengatakan beberapa bulan terkahir sudah ada puluhan peselancar luar negeri yang mencoba ombak Pantai Krakal. Mereka berasal dari berbagai negara seperti Jerman, Australia, Perancis dan Ukraina.

"Setiap akhir pekan mereka akan datang ke Sembodo Cottages, ini tempat para peselancar berkumpul sebelum berlatih," katanya.

Peselancar internasional Hadi Sulfahmi mengatakan bahwa Pantai Krakal ombaknya bagus, pantai juga bersih sehingga layak untuk surfing.

Hadi mengatakan Pantai Krakal memiliki berpotensi untuk dikembangkan menjadi lokasi selancar baru di Gunung Kidul dan Yogyakarta.

Dia optimistis pantai ini dapat menarik minat peselancar mancanegara untuk datang. "Pantai ini tinggal ditata saja buat fasilitas publiknya seperti apa, pasti akan banyak turis-turis mancanegara kesini untuk surfing," kata dia.

(KR-STR)