Jenazah GBPH Joyokusumo dimakamkan di Hastorenggo Kotagede

id jenazah gbph joyokusumo

Jenazah GBPH Joyokusumo dimakamkan di Hastorenggo Kotagede

Pintu gerbang Makam Hastorenggo di Kotagede, Yogyakarta (Foto hadinegoro.blogspot.com)

Bantul (Antara Jogja) - Jenazah Gusti Bendoro Pangeran Haryo Joyokusumo, adik Raja Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X dimakamkan di makam keluarga Hastorenggo, Kotagede, Yogyakarta, Rabu sekitar pukul 15.00 WIB.

Sejumlah kerabat keluarga almarhum seperti GBPH Yudhaningrat dan GBPH Prabukusumo serta kerabat lainnya, di antaranya beberapa putri Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga Gubernur DIY, juga hadir pada pemakaman itu.

Selain kerabat, sejumlah pejabat daerah seperti Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) DIY Brigjen Polisi Haka Astana beserta istri, dan Ketua DPRD DIY Yoke Indra Samawi juga hadir.

Ratusan abdi dalem Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat serta warga Paksikaton turut pula menghadiri upacara pemakaman jenazah GBPH Joyokusumo.

Sementara itu, adik tiri almarhum, GBPH Yudhaningrat yang merupakan Kepala Dinas Pariwisata DIY di sela melayat mengatakan almarhum merupakan sosok yang idealis, dan sering mewacanakan pembaharuan di struktural keraton setempat.

"Di keluarga, beliau sering mempunyai perbedaan pendapat dengan kami, namun tidak menjadi masalah. Beliau berharap keraton ini semestinya klasik, sehingga lebih menarik dibanding struktur organisasi keraton yang ada sekarang," katanya.

Terkait pesan sebelum meninggal dunia, kata dia, almarhum selalu mengatakan keraton ini harus lebih baik dalam mempertahankan tradisinya, termasuk masalah keagamaan di keraton yang bisa menyeimbangkan dengan permintaan yang ada pada rakyat.

Sementara itu, istri almarhum, BRAy Hj Joyokusumo usai pemakaman mengatakan dirinya belum siap ditinggal almarhum, mengingat kenangan di dalam keluarga yang sudah dibangun cukup lama yaitu sekitar 30 tahun.

"Karena apa, dengan kelebihan dan kekurangannya, termasuk kami melayani selama almarhum sakit, itu masih teringat," katanya, yang didampingi kerabat serta keluarga.

Menurut dia, sebelum meninggal almarhum telah mengalami sakit komplikasi sejak 2009, bahkan keluarga telah berupaya memeriksakan ke rumah sakit di dalam maupun di luar negeri. Namun, takdir berkehendak lain.

"Sakitnya sudah sejak 2009, dengan sakit yang berbeda. Sudah berobat ke Belanda, Malaysia, dan Singapura, dengan sakit yang berbeda-beda, seperti sakit ginjal, dan jantung. Kalau saki gulanya, bisa dikendalikan, tapi kemudian komplikasi," katanya.

Adik bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X yang meninggal pada Selasa (31/12) sekitar pukul 17.00 di Jakarta ini, meninggalkan seorang istri, dan tiga anak yaitu Nyai Raden Ria Jayaningrum, KRT Joyoningrat, serta Nyai Raden Ria Jayaningtyas.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024