Jogja (Antara Jogja) - Jenazah Gusti Bendoro Pangeran Haryo Joyokusumo disemayamkan di rumah duka Ndalem Joyokusuman Jalan Rotowijayan Yogyakarta, Rabu, setelah tiba dari Jakarta.


"Jenazah Joyokusumo diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta sekitar pukul 06.00 WIB dan tiba di Bandara Adisutjipto Yogyakarta sekitar pukul 07.00 WIB. Jenazah langsung dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan," kata kakak almarhum, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Hadiwinoto.


Setelah disemayamkan di rumah duka, kata dia, jenazah Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Joyokusumo selanjutnya akan dimakamkan di Pemakaman Hastorenggo Kotagede Yogyakarta sekitar pukul 14.00 WIB.


"Sebelum dimakamkan, jenazah akan dishalatkan terlebih dahulu di Masjid Rotowijayan sekitar pukul 13.00 WIB. Setelah dishalatkan, jenazah kemudian diberangkatkan menuju Pemakaman Hastorenggo sekitar pukul 13.30 WIB," katanya.


Di rumah duka Ndalem Joyokusuman tampak para petakziah berdatangan untuk menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga almarhum, di antaranya Kapolda DIY Brigjen Pol Haka Astana dan Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Agus Munandar.


Puluhan karangan bunga ucapan duka cita atas meningggalnya GBPH Joyokusumo tampak memenuhi sepanjang Jalan Rotowijayan. Karangan bunga ucapan duka cita itu dari lembaga, instansi, partai politik, perguruan tinggi, dan relasi almarhum.


Pengageng Dwarapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat KRT Djatiningrat mengatakan GBPH Joyokusumo meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra Jakarta pada Selasa (31/12) sekitar pukul 17.00 WIB, setelah beberapa hari menjalani perawatan akibat sakit.


"Adik Sri Sultan Hamengku Buwono X itu meninggal dunia pada usia 58 tahun, karena sakit komplikasi diabetes, ginjal, dan jantung. Almarhum meninggalkan seorang istri BRAy Joyokusumo dan tiga anak yakni Jayaningrum, Jayaningrat, dan Jayaningtyas," katanya.


Menurut dia, semasa hidupnya GBPH Joyokusumo menjabat Pengageng Kawedanan Hageng Panitri Putra Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang menangani urusan internal keraton.


"Selain itu, mendiang juga pernah menjadi anggota DPR RI, Ketua Persaudaraan Djamaah Haji Indonesia (PDHI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Ketua Panitia Tetap Mujahadah dan Semaan Al Quran Purbojati DIY," katanya.


(B015)

Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar