Jenazah GBPH Joyokusumo akan dimakamkan di Kotagede

id jenazah gbph joyokusumo

Jenazah GBPH Joyokusumo akan dimakamkan di Kotagede

Kompleks Makam Hastorenggo di Kotagede, Yogyakarta (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Jenazah Gusti Bendoro Pangeran Haryo Joyokusumo akan dimakamkan di Pemakamam Hastorenggo, Kotagede, Yogyakarta, pada Rabu (1/1).

"Jenazah adik Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X itu akan diberangkatkan dari Jakarta pada Rabu sekitar pukul 08.00 WIB, dan diperkirakan tiba di Yogyakarta sekitar pukul 09.00 WIB," kata Pengageng Dwarapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat KRT Jatiningrat di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, jenazah kemudian akan disemayamkan di rumah duka Ndalem Joyokusuman Jalan Rotowijayan Yogyakarta.

Setelah disemayamkan, jenazah GBPH Joyokusumo dimakamkan Pemakaman Hastorenggo Kotagede.

"Saya belum tahu jam berapa jenazah GBPH Joyokusumo akan dimakamkan, karena sebelum dimakamkan jenazah terlebih dulu disemayamkan di rumah duka," katanya.

Ia mengatakan GBPH Joyokusumo meninggal dunia dalam usia 58 tahun di Rumah Sakit Medistra Jakarta, Selasa (31/12) sekitar pukul 17.00 WIB, setelah beberapa hari menjalani perawatan akibat sakit.

"GBPH Joyokusumo menderita sakit komplikasi diabetes, ginjal, dan jantung. Almarhum meninggalkan seorang istri BRAy Joyokusumo dan tiga anak yakni Jatiningtyas, Jayaningrat, dan Jayaningrum," katanya.

Menurut dia, semasa hidupnya GBPH Joyokusumo menjabat Pengageng Kawedanan Hageng Panitri Putra Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang menangani urusan internal keraton.

Selain itu, mendiang juga pernah menjadi anggota DPR RI, Ketua Persaudaraan Djamaah Haji Indonesia (PDHI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Ketua Panitia Tetap Mujahadah dan Semaan Al Quran Purbojati DIY.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024