Pomau dituntut jadi contoh anggota TNI AU

id pomau dituntut jadi

Pomau dituntut jadi contoh anggota TNI AU

Polisi Militer Angkatan Udara (Foto warkon.blogspot.com)

Jogja (Antara Jogja) - Prajurit Polisi Militer Angkatan Udara sebagai penegak disiplin dituntut untuk dapat menjadi contoh bagi anggota TNI AU dalam bersikap dan berbuat.

"Untuk itu, prajurit Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau) perlu mendapatkan pembinaan secara berkelanjutan," kata Direktur Penegakan Ketertiban Puspomau Kolonel Pom Abdul Djalil Marzuki di Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta, Senin.

Saat memberikan ceramah, ia mengatakan pembinaan merupakan upaya penegakan hukum di TNI AU dan memberikan penguatan mengenai tugas dan fungsi Pomau. Tugas dan fungsi Pomau yang tertuang dalam Keputusan Nomor 1/III/2004 menjelaskan bagaimana seharusnya Pomau berbuat.

"Seperti dikatakan KSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia saat upacara HUT Pomau belum lama ini, bahwa prajurit Pomau diharapkan dapat terus menunjukkan eksistensinya dan mampu melaksanakan fungsinya sesuai dengan hukum, undang-undang, dan peraturan yang berlaku," katanya.

Ia mengatakan KSAU juga berpesan Pomau harus bertindak secara independen atau mandiri dalam melaksanakan proses penegakan hukum dengan mengedepankan hukum sebagai panglima.

Selain itu juga harus selalu menghindarkan diri dari kecongkakan kekuasaan dan penyalahgunaan kekuasaan yang dapat merusak citra Pomau selaku penegak hukum.

"Untuk memenuhi tuntutan tugas tersebut prajurit Pomau harus berdedikasi, memiliki kredibilitas, dan profesional. Upaya pembinaan secara berkelanjutan diharapkan dapat menambah ilmu bagi jajaran Pomau dan bertambah profesional," katanya.

Ceramah diikuti jajaran Lanud Adisutjipto yang terdiri atas para perwira, bintara, dan tamtama, serta dihadiri Dansatpom Lanud Adisutjipto Letkol Pom Bambang Utomo, Dantim Litpam Satrikning Mayor Pom Nanda Ruselfi, dan Kasubdit Anevkara Puspomau Mayor Pom Toni Setyawan.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024