Jogja (ANTARA Jogja) - Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar kesenian wayang kulit semalam suntuk, Senin mendatang, untuk menyambut Tahun Baru 2013.

Ketua panitia kegiatan tersebut, Muhammad Haliem di Yogyakarta, Kamis, mengatakan pergelaran wayang kulit tersebut mengangkat cerita atau lakon "Aji Norontoko" dengan dalang Ki Raharjo Cermo Susilo.

Ia mengatakan kesenian wayang kulit itu dipentaskan di halaman Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi DIY di Jalan Malioboro 56 Yogyakarta.

Menurut Muhammad Haliem yang menjabat Kepala Seksi Analisa Pasar Dinas Pariwisata DIY ini, dalam pentas wayang kulit semalam suntuk itu, akan dimeriahkan bintang tamu pelawak Yu Beruk dan Dalijo Angkring.

"Sebelumnya, di tempat yang sama, pada siang harinya mulai pukul 12.00 WIB tampil sejumlah grup band dari DIY dan Jawa Tengah," katanya.

Ia mengatakan pentas musik dan pergelaran wayang kulit itu, diharapkan bisa memberi hiburan bagi masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun.

"Pentas ini sekaligus menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi Yogyakarta khususnya ke kawasan Malioboro," kata Mohammad Haliem.

Ia mengatakan beberapa grup band yang akan tampil di antaranya Yoben Plus Jogja, Legend Family dari Kabupaten Sleman, dan Koes Story dari Boyolali. "Setelah penampilan sejumlah grup band itu, pergelaran wayang kulit dimulai," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir mengatakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke provinsi ini diperkirakan meningkat pesat selama libur sekolah, Natal, dan Tahun Baru 2013, sehingga dampaknya dirasakan para pelaku jasa pariwisata.

"Musim libur akhir tahun memang dirasakan para pelaku jasa pariwisata di Yogyakarta, khususnya pengelola hotel, restoran, sentra kuliner dan makanan khas daerah ini," kata Tazbir.

(H008)

Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar